1. Home
  2. Cara Pakai
  3. 3 Cara Membuat Retur Penjualan di Accurate Online

3 Cara Membuat Retur Penjualan di Accurate Online

Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan pencatatan pengembalian barang dari pelanggan serta pengembalian uang muka penjualan dari pelanggan. Dikarenakan tidak semua bisnis yang membolehkan adanya klaim pengembalian barang yang dijual-nya, maka Anda perlu mengaktifkan fungsi retur penjualan ini jika memang membutuhkannya.

Mengaktifkan Fitur & Mengakses Formulirnya

Untuk mengaktifkan fitur ini adalah dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur, lalu centang informasi ‘Retur Penjualan’ pada bagian Penjualan.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, maka formulir Retur Penjualan dapat Anda akses dari modul Penjualan | Retur Penjualan.

Mengakses Formulir Faktur Penjualan
Formulir Retur Penjualan

Sumber transaksi untuk dilakukannya retur penjualan pada Accurate Online terdiri dari:

  • Faktur Penjualan. Melakukan retur penjualan dari transaksi Faktur Penjualan. Faktur yang bisa dilakukan retur, bisa Anda tentukan di Accurate Online sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, yaitu apakah semua faktur (baik sudah lunas atau belum) yang bisa dilakukan retur atau hanya faktur yang belum lunas saja.
  • Pengiriman Pesanan. Melakukan retur penjualan dari transaksi Pengiriman Pesanan yang belum dibuatkan Faktur Penjualan-nya. Jika transaksi tersebut sudah dibuatkan Faktur Penjualan-nya, maka Anda tidak bisa melakukan retur dari transaksi Pengiriman Pesanan.
  • Tanpa Faktur. Melakukan retur penjualan atas barang yang tidak diketahui sumber transaksi-nya. Dengan memilih pilihan Tanpa Faktur, setelah Anda menyimpan transaksi retur penjualan-nya, Accurate Online akan otomatis membuatkan transaksi Faktur Penjualan atas barang yang diretur tersebut, dengan nomor transaksi yang sama dengan nomor transaksi Retur Penjualan, namun tidak ada jurnal yang terbentuk pada formulir faktur penjualan tersebut.
  • Uang Muka. Memilih nomor faktur uang muka yang akan dikembalikan ke pelanggan.

Pengaturan Pembatasan Retur Penjualan

Pengaturan pembatasan pada transaksi retur penjualan adalah ditujukan pada transaksi retur yang bersumber dari Faktur Penjualan. Adapun pengaturannya dikhususkan pada apakah transaksi faktur yang sudah lunas boleh diretur atau tidak.

Pengaturan pembatasan ini dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi | Pembatasan, pada bagian Formulir Retur, klik pilihan ‘Retur Penjualan dapat meretur faktur yang sudah lunas’, jika bisnis Anda memperkenankan dilakukannya retur penjualan atas transaksi yang sudah lunas.

Melakukan Pengaturan Pembatasan Retur Penjualan: Faktur Lunas Boleh Diretur

Pembatasan ini perlu diaktifkan jika Anda ingin melakukan pengembalian uang muka penjualan ke pelanggan.

Dengan mencentang pengaturan pembatasan tersebut, maka nomor transaksi Faktur Penjualan, baik yang belum dan sudah lunas akan tampil di Formulir Retur Penjualan (semua faktur bisa dilakukan retur).

Selain pengaturan pembatasan tersebut, ada juga pengaturan terkait apakah diperbolehkan untuk terjadinya perubahan nilai biaya barang yang di retur atau tidak. Pengaturan bisa dilakukan dari Preferensi | Penjualan, centang pilihan “Perbarui biaya barang saat simpan ulang Retur Penjualan”, jika perusahaan Anda memperkenankan untuk memperbarui biaya barang pada retur penjualan.

Mengatur fitur Perbarui Biaya Barang saat Simpan ulang Retur Penjualan.

Dengan mencentang fitur tersebut, jika ada perubahan pada transaksi pembelian barang yang diretur, maka nilai biaya barang yang diretur jika disimpan ulang (ketik ulang transaksi retur penjualan) akan memperbarui nilai biaya barangnya.

Penggunaan dalam Transaksi

Ilustrasi  (Retur penjualan tanpa Faktur )

Perusahaan menerima klaim retur barang dari pelanggan, dengan faktur penjualan yang tidak diketahui.

Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut:

  1. Membuka formulir Retur Penjualan dari menu Penjualan | Retur Penjualan
  2. Pilih nama pelanggan dan pilih pilihan ‘Tanpa Faktur’ pada pilihan retur dari
Retur Penjualan Tanpa Faktur
  1. Pilih barang yang akan diretur pada kolom yang tersedia, kemudian isikan jumlah kts dan harga jual atas barang yang diretur pada detail barang.
Memilih barang yang akan diretur
  1. Klik lanjut dan simpan transaksi retur penjualan. Saat Anda menyimpan transaksi retur penjualan tanpa faktur, Accurate Online akan otomatis membuatkan Faktur Penjualan atas barang tersebut dengan nomor transaksi yang sama dengan transaksi Retur Penjualan.
Retur Penjualan Tanpa Faktur Penjualan
Jurnal Transaksi Retur Penjualan
Faktur Penjualan dari transaksi Retur Penjualan Tanpa Faktur
Updated on March 7, 2020

Was this article helpful?

Related Articles