3 Cara Menggunakan Fitur Multi Gudang

Fitur Multi Gudang pada Accurate Online sangat cocok bagi perusahaan yang memiliki penyimpanan barang diberbagai lokasi gudang yang berbeda, mulai dari penerimaan dari vendor, pengiriman kepada customer hingga laporan mutasi barang per gudang.

Selain itu pada fitur Multi Gudang terdapat pengaturan untuk penyimpanan barang rusak sehingga barang yang rusak tidak tercampur pencatatannya dengan barang yang bisa untuk dijual.

Mengaktifkan & Mengakses Fitur

Jika perusahaan Anda memiliki penyimpanan barang persediaan lebih dari 1 (satu) gudang, maka Anda perlu menggunakan fitur Multi Gudang. Untuk mengaktifkan fitur ini, dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur, pada bagian Persediaan, centang informasi ‘Multi Gudang’.

fitur multi gudang

Setelah dilakukan pengaktifkan fitur Multi Gudang pada bagian Preferensi, maka fitur Gudang akan tampil di menu Persediaan.

Gudang Barang Rusak: untuk menentukan nama gudang sebagai penyimpanan barang rusak. Untuk menggunakannya silakan centang pada bagian ‘Ya. Merupakan gudang penyimpanan barang rusak’

Pengguna: Anda bisa menentukan nama-nama pengguna tertentu saja yang bisa mengakses nama gudang tersebut.

3 Cara Menggunakan Fitur Multi Gudang

Ilustrasi

Perusahaan mempunyai 2 (dua) gudang penyimpanan barang persediaan yang siap dijual yaitu Gudang Utama yang berlokasi di kantor pusat dan Gudang Toko yang berlokasi di gerai penjualan perusahaan. Perusahaan melakukan penjualan sebagai berikut:

Nama Barang Kuantitas Gudang
Item A 10 Pusat
Item B 15 Toko

Berikut ini langkah-langkah penginputan transaksi untuk penjualan barang dengan pengambilan dari 2 (dua) gudang yang berbeda:

  1. Jika Anda belum membuat gudang, buka formulir Faktur Penjualan dan isikan informasi tanggal dan nama pelanggan.
  2. Kemudian memilih barang yang akan dijual, mengisikan kuantitas dan harga jual serta nama gudang pengambilan barang pada bagian gudang.
  1. Lakukan langkah yang sama untuk barang selanjutnya dan jika sudah selesai simpan transaksi.

Pada Accurate Online tidak bisa memilih gudang default pada masing-masing barang.

Nama gudang yang tampil pada saat transaksi adalah sesuai dengan abjad depan dari nama gudang. Misalnya gudang Pusat dan Toko, maka pada transaksi akan selalu tampil nama gudang Pusat. Dengan catatan pada kedua barang terdapat stok barang, jika salah satu nama gudang tidak terdapat stok maka gudang yang ditampilkan adalah gudang yang memiliki stok barang.

Pemindahan barang ke nama gudang yang ditentukan sebagai penyimpanan barang rusak akan mempengaruhi informasi ‘Stok dapat dijual’, yaitu mengurangi ‘Stok Dapat dijual’.

Updated on September 8, 2020

Was this article helpful?

Related Articles