1. Home
  2. Cara Pakai
  3. 3 Langkah Mudah Pencatatan Gaji di Accurate Online

3 Langkah Mudah Pencatatan Gaji di Accurate Online

Fungsi Pencatatan Gaji

Fitur ini berfungsi untuk melakukan pencatatan gaji karyawan berikut dengan PPh 21 dan merinci berbagai kompensasi dibayarkan kepada karyawan yaitu terkait tunjangan, BPJS, JKK, dan sebagainya. Fitur ini dapat diakses melalui Modul Buku Besar.

Pencatatan Gaji
Formulir Pencatatan Gaji

Tipe Pembayaran: untuk memilih tipe pembayaran gaji ke karyawan, Accurate Online menyediakan 2 (dua) pilihan tipe pembayaran yaitu bulanan (rutin dibayarkan setiap bulan seperti gaji, tunjangan kesehatan, tunjangan makan, dsbnya) dan non bulanan (tidak dibayarkan rutin setiap bulan seperti Tunjangan Hari Raya, Bonus Tahunan, dsbnya).

Bulan: untuk memilih periode bulan dan tahun gaji yang akan dibayarkan.

Cari/Pilih: untuk memilih nama karyawan yang akan dibayarkan gajinya.

Ambil: untuk menampilkan nama karyawan pada database tersebut dan memilih nama karyawan yang dimaksud.

Proses: untuk melakukan proses pembayaran atas pencatatan gaji karyawan. Pembayaran atas pencatatan gaji dilakukan melalui formulir Pembayaran yang terdapat pada menu Kas/Bank.

Pengaturan Fitur Pencatatan Gaji

Sebelum penggunaannya dalam transaksi, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu Anda siapkan sebagai berikut:

Mencantumkan (membuat) Daftar Nama Karyawan

Salah satu syarat untuk melakukan proses pencatatan gaji adalah Daftar Karyawan. Untuk mendaftarkan nama karyawan bisa dilakukan dari menu Perusahaan | Karyawan. Lakukan pengaturan karyawan sesuai kondisinya, seperti mengisikan NPWP, perhitungan PPh 21, dsbnya.

Mengatur Tunjangan dan Potongan Karyawan

Membuat daftar tunjangan dan potongan yang akan diberikan (dikenakan) kepada karyawan. Pembuatan daftar tunjangan/potongan dilakukan dari menu Perusahaan | Gaji/Tunjangan.

Akses Daftar Pencatatan Gaji dan Tunjangan
Mengakses Daftar Tunjangan/Gaji
Pengaturan Jenis-Jenis Gaji dan Tunjangan
Formulir Pembuatan Tunjangan/Potongan Karyawan

Nama: diisikan dengan nama tunjangan/potongan yang akan dibuat.

Tipe Gaji/Tunjangan: dipilih dengan tipe tunjangan/potongan yang sesuai. Terdapat beberapa tipe Gaji/Tunjangan yang telah disediakan oleh Accurate Online.

Biaya/Potong: akan otomatis terpilih bulanan atau non bulanan/setahun sekali, tergantung dengan tipe gaji/tunjangan yang Anda pilih.

Akun Beban: diisikan dengan akun beban untuk menampung tunjangan/potongan tersebut.

Daftar jenis atau tipe gaji dan tunjangan
Data Tunjangan/Gaji yang dibuatkan otomatis oleh Accurate Online

Beberapa tunjangan/potongan telah dibuatkan otomatis oleh Accurate Online saat Anda membuat database. Beberapa diantaranya adalah Gaji Pokok, Tunjangan Hari Raya, Tunjangan program JKK, dsbnya. Anda bisa melihatnya pada tabel Daftar Tunjangan/Gaji.

Anda perlu melakukan pengecekan pada setiap tunjangan yang dibuatkan otomatis oleh Accurate Online, apakah sudah memilih nama akun penampung yang sesuai dengan  kebijakan perusahaan Anda. Karena Accurate Online secara otomatis akan memilih akun dengan nama yang sesuai dengan nama tunjangan tersebut. Seperti contohnya adalah Gaji Pokok, Accurate Online memilih nama akun Beban Gaji, Upah & Honorer.

Gaji Pokok merupakan Tunjangan yang dibuat otomatis oleh Accurate Online

Tunjangan/potongan yang telah Anda buat akan tampil pada Formulir Pencatatan Gaji di setiap nama karyawan.

Mengatur Akun Perkiraan Penggajian Karyawan

Yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan pencatatan gaji karyawan adalah mengatur akun perkiraan untuk penggajian karyawan. Pengaturan ini dilakukan pada menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan yaitu pada Penggajian Karyawan.

Pengaturan Akun Perkiraan Pengajian di Accurate Online
Updated on March 9, 2020

Was this article helpful?

Related Articles