4 Cara Integrasi Cost dan Profit Center

Bagi Anda pengguna Accurate Online, kini Anda bisa melakukan Integrasi Cost dan Profit Center yang akan memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mendapatkan informasi tentang profitabilitas departemen, proyek dan kegiatan bisnis secara mudah. Cost dan Profit Center adalah fitur yang berorientasi pada kebutuhan manajemen untuk mengetahui pendapatan dan biaya dari bagian tertentu dalam bisnis seperti departemen, proyek dan berbagai kegiatan bisnis secara lebih terperinci yang digunakan untuk tujuan pengendalian internal.

Dengan fitur ini, Anda bisa memiliki Laba Rugi per Departemen dan Proyek yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisis unit bisnis mana yang menguntungkan dan tidak sehingga pengambilan keputusan level manajemen menjadi lebih akurat.

Apakah Anda ingin mengetahui kondisi keuntungan di area tertentu dalam perusahaan tetapi butuh waktu lama untuk melakukan perhitungannya? Dengan add-on Cost dan Profit Center, Anda dapat mengelompokkan pendapatan dan biaya berdasarkan kategori tertentu dan menghasilkan laporan laba/rugi perusahaan secara instan.

Cara Menambahkan Fitur Cost dan Profit Center

  1. Silahkan pilih Menu Pengaturan
  2. Klik Marketplace
  3. Cari dan Install add-on Cost dan Profit Center
integrasi cost dan profit
  1. Setelah berhasil Install, maka Anda bisa mengaktifkan fitur Cost dan Profit Center pada Menu Pengaturan | Preferensi | Fitur. Ada 3 pilihan yang bisa diaktifkan yaitu Departmen, Proyek dan Kategori Keuangan.

Penjelasan Mengenai Cost dan Profit Center

Fitur Departemen

Departemen memungkinkan Anda mencatat biaya dan pendapatan dari suatu bagian ataupun divisi dalam perusahaan. Misalkan perusahaan Anda memiliki beberapa divisi/ departemen, maka dengan add-on ini Anda dapat mengetahui departemen mana yang menjadi pusat biaya atau pusat keuntungan dengan melihat laporan laba/rugi per departemen.

Fitur Proyek

Perusahaan Anda menjalankan bisnis berbasis proyek? Anda dapat membagi pendapatan dan biaya berdasarkan masing-masing proyek sehingga mudah mengetahui keuntungan/ kerugian per proyek. Dengan fitur proyek Anda bisa mencatat transaksi penjualan, pembelian, atau biaya dari berbagai proyek yang berbeda pada bisnis anda. Nantinya Anda juga dapat melihat pemasukan dan pengeluaran dari tiap-tiap proyek secara terperinci.

Kategori Keuangan

Fitur ini memungkinkan Anda melihat laporan laba rugi dari kegiatan bisnis tertentu yang sesuai dengan produk (lini produk, divisi), faktor geografis (wilayah, kantor atau lokasi produksi) atau fungsi (produksi, penjualan, dan pelayanan). Anda juga bisa mengelompokkan pendapatan dan biaya lebih detail berdasarkan wilayah penjualan, lokasi produksi, kendaraan pengiriman dan lainnya? Buat hingga 10 kategori keuangan sesuai dengan kebutuhan Anda dan lihat laporan laba/rugi per kategori tersebut dengan mudah.

Pentingnya Integrasi Cost and Profit Center

Pembagian dan penghitungan laba rugi terpisah dari berbagai departemen, proyek, dan kegiatan bisnis harus dikelola dengan hati-hati untuk memastikan bahwa kegiatan penjualan menghasilkan lebih banyak pendapatan dari pada pengeluaran dari setiap departemen, proyek, atau unit bisnis. Menciptakan dan menghitung laba rugi terpisah dalam perusahaan juga memungkinkan manajemen untuk mengevaluasi profitabilitas setiap departemen, proyek, atau kegiatan bisnis secara terpisah.

Dengan Integrasi Cost dan Profit Center yang memungkinkan investor untuk mengevaluasi prospek bisnis secara menyeluruh berdasarkan keuntungan yang didapatkan dari seluruh bagian bisnis. Dengan fitur ini, Accurate Online akan membantu Anda untuk membuat kerangka kerja yang lebih optimal untuk memfasilitasi alokasi sumber daya di berbagai bagian bisnis untuk meraih profitabilitas. Kini pantaulah setiap bagian bisnis lebih mudah dengan Accurate Online kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Updated on September 14, 2020

Was this article helpful?

Related Articles