5 Langkah Lapor (e-Filling) Pajak di Accurate Online

PT Cipta Piranti Sejahtera selaku pengembang software Accurate Online merupakan mitra Penyedia Jasa Aplikasi Pajak (PJAP) resmi yang ditunjuk oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-93/PJ/2020.

Kelebihan bagi Wajib Pajak (WP) melapor (e-filling) pajak melalui Accurate Online:

  1. Data pelaporan pajak dan transaksi terpusat di Accurate Online.
  2. Tidak perlu berpindah-pindah aplikasi atau website untuk melaporkan pajak.
  3. Jika sampai terjadi kendala sementara pada layanan e-Filing DJP, Accurate Online akan melakukan upload pelaporan kembali secara otomatis.
  4. Histori pelaporan pajak dan Bukti Pelaporan Elektronik (BPE) diarsip dengan rapi dan dapat dicari, dilihat dan diunduh kapanpun dibutuhkan.

Registrasi / Login

Wajib Pajak badan dapat melakukan pelaporan pajak secara elektronik (online) melalui PJAP PT Cipta Piranti Sejahtera dengan menggunakan software Accurate Online. Untuk melaporkan pajak melalui Accurate Online, WP dapat mengakses menu “e-Filing Pajak”.

daftar e-filling

Sebelum dapat melaporkan (e-filling) pajak, WP harus menghubungkan NPWP WP dengan database Accurate Online terkait terlebih dahulu, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengisi form pendaftaran. Pastikan Anda mengingat password yang Anda daftarkan (catat ditempat yang aman). Reset password hanya dapat dilakukan melalui kantor pajak (KPP) terdaftar.

Apabila WP sudah pernah terdaftar di PJAP PT Cipta Piranti Sejahtera, maka WP dapat menghubungkan NPWP dengan login menggunakan password yang digunakan pada saat pendaftaran.

Unduh Sertifikat Elektronik

Setelah berhasil daftar dan login ke PJAP, WP dapat mengunduh Sertifikat Elektronik (SE) yang akan digunakan untuk pelaporan pajak. Silakan unduh file SE (.p12), dan simpan di tempat yang aman.

undung sertifikat e-filling

Unggah e-SPT / Lapor Pajak

Setelah berhasil mengunduh file Sertifikat Elektronik (SE), WP akan diarahkan pada tampilan daftar SPT yang pernah dilaporkan melalui PJAP PT Cipta Piranti Sejahtera atas NPWP terkait. Untuk melaporkan SPT baru, silakan klik tombol “Unggah e-SPT

e-Filling SPT

Saat pertama kali melaporkan (e-Filling) SPT, WP akan diminta untuk mengunggah file SE (.p12) yang sudah diunduh sebelumnya, jika file yang diunggah valid, maka WP dapat upload file e-SPT pajak.

File e-SPT yang diunggah merupakan output dari aplikasi e-SPT yang dikeluarkan oleh DJP dan dapat diunduh di https://www.pajak.go.id/aplikasi-page/ . Output dari file e-SPT adalah file .csv dan .pdf. Silakan pilih file .csv yang akan dilaporkan, baru kemudian pilih file .pdf terkait. Pastikan WP tidak melakukan perubahan nama file yang dihasilkan dari aplikasi e-SPT.

Khusus untuk SPT Badan Rupiah/Dollar, WP wajib mengunggah file csv dari e-SPT dan file pdf laporan keuangan. Untuk nama file pdf harus sesuai dengan format yang ditetapkan berikut ini:

Jenis File PDFKeteranganFormat Nama FileWajib Unggah
Laporan KeuanganLap. Keuangan atau Lap Keuangan (audited)[Nama File CSV]LK.pdfYa
Rekapitulasi Peredaran Bruto PP 23Perhitungan Peredaran Bruto & Pembayaran PPh Final PP 23[Nama File CSV]RK.pdfTidak
Daftar Nominatif Biaya Promosi dan/ atau Biaya EntertainmentDafnom Biaya PromosiDafnom Biaya Entertainment[Nama File CSV]DN.pdfTidak
Dokumen-dokumen Lampiran Khusus BUTLaporan Keuangan KonsolidasiPemberitahuan Bentuk Penanaman Modal[Nama File CSV]BUT.pdfTidak
Dokumen-dokumen Lampiran Khusus WP MigasLampiran WP K3SLaporan Tahunan Penerimaan Negara dari Kegiatan Migas[Nama File CSV]MGS.pdfTidak
Laporan Perbandingan Utang-Modal dan Laporan Utang Swasta-Luar NegeriLaporan Debt to Equity RatioLaporan Utang Swasta Luar Negeri[Nama File CSV]LU.pdfTidak
Dokumen Lampiran LainnyaTanda teirma CbCRIkhtisar Dok. Induk-Dok. LokalLaporan SILPASSP dan lainnya[Nama File CSV]DL.pdfTidak

Daftar SPT dan Bukti Penerimaan Elektronik

Berikut ini daftar SPT yang dapat dilaporkan (e-Filling) melalui PJAP PT Cipta Piranti Sejahtera, lengkap dengan tampilan formulir upload file e-SPT serta Bukti Penerimaan Elektronik untuk SPT terkait:

  • 1. SPT Masa PPh Pasal 23/26 2009
Bukti Lapor e-Filling PPh 23/26
  • SPT Masa PPh Pasal 21/26 2014
Bukti Lapor e-Filling PPh 21/26
  • SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2) 2009
Bukti Lapor e-Filling PPh Ps.4
  • SPT Masa PPh Pasal 22 2009
Bukti Lapor e-Filling PPh Ps, 22
  • SPT Masa PPh Pasal 15 2009
Bukti Lapor e-Filling PPh Ps.15
  • SPT PPN dan PPnBM
Bukti Lapor e-Filling PPN
  • SPT PPN dan PPnBM 1111DM
  • SPT PPN PUT 1107
  • SPT Tahunan PPh Badan Rupiah 2009
Bukti Lapor e-Filling SPT Tahunan
  • SPT Tahunan PPh Badan Dollar 2009

WP bisa download Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dalam format PDF. Dokumen BPE ini merupakan dokumen yang sah dan dapat dipergunakan sebagai bukti pelaporan pajak.

Download Bukti Lapor e-Filling Pajak

Status SPT dan Lainnya

Apabila file e-SPT berhasil diunggah, maka akan tampil pada daftar SPT, lengkap dengan statusnya. Berikut ini daftar status pelaporan SPT dan keterangannya:

StatusKeterangan
Sedang DiprosesWP berhasil mengunggah File SPT (.csv dan .pdf) ke PJAP
Sedang MengirimFile SPT sedang dilaporkan ke DJP
TerkirimFile SPT berhasil dilaporkan ke DJPPJAP menunggu status pelaporan SPT terkait dari DJP
BerhasilSPT berhasil diproses oleh DJPWP dapat melihat dan mengunduh Bukti Pelaporan Elektronik (BPE) yang sah sebagai bukti pelaporan pajak terkait
GagalSPT gagal dilaporkan ke DJP, hal ini dapat terjadi misalnya karena adanya kendala teknis pada service atau jaringanSPT gagal diproses oleh DJP, hal ini dapat terjadi apabila ada kesalahan pada file SPT atau kendala pada layanan DJPWP dapat melihat pesan error yang menyebabkan kegagalan terkait

WP sewaktu-waktu dapat download ulang Sertifikat Elektronik melalui menu “Sertifikat Elektronik”. Jika ada pergantian staf yang bertanggung jawab dalam melakukan pelaporan pajak, WP dapat melakukan update profil dengan cara masuk ke menu “Update Profil Akun Pajak”. WP dapat melakukan pelaporan pajak (e-Filling) untuk NPWP lainnya dengan klik menu “Ganti NPWP”. WP juga dapat melihat kembali dokumen-dokumen syarat dan ketentuan serta petunjuk pelaporan pajak elektronik dengan klik menu terkait.

Ganti NPWP e-Filling Pajak

Demikianlah langkah-langkah untuk melakukan pelaporan (e-Filling) melalui Accurate Online. Apabila ingin melakukan pembayaran pajak, Anda juga bisa memanfaatkan Fitur e-Billing di Accurate Online.

Updated on September 15, 2020

Was this article helpful?

Related Articles