Biaya Pembelian Oleh Pemasok Lain

Fungsi

Fungsi dari fitur ini adalah memungkinkan melakukan pencatatan biaya yang perlu dibebankan ke barang yang dibeli, namun pembayaran-nya dikenakan ke pemasok lain (bukan pemasok penjual produk). Biasa transaksi ini diperlukan bagi perusahaan importir ataupun perusahaan yang pembelian produk-nya perlu pengiriman atau biaya lainnya diluar harga produk-nya.

Mengaktifkan & Mengakses Fitur

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya melalui menu Pengaturan | Preferensi | Fitur dan pada bagian pembelian, centang untuk pilihan ‘Biaya Pembelian oleh Pemasok Lain’.

Setelah mengaktifkan fitur ini, akan terdapat informasi ‘Alokasi ke Barang’ pada beban yang dicatat pada formulir Faktur Pembelian barang persediaan. Jika Anda mencentang informasi ‘Alokasi ke Barang’ akan tampil informasi lainnya yaitu ‘Tagih Ke Pemasok’, yang diisi jika beban pembelian tersebut akan ditagihkan ke pemasok lainnya.

Untuk beban pembelian yang ditagihkan ke pemasok lain, Anda bisa membuat tagihannya (faktur pembelian) dengan memilih pilihan “Biaya Pembelian” pada bagian ‘Ambil’ di Faktur Pembelian, yaitu dengan memilih nomor faktur pembelian yang membebankan biaya atas pembelian ke pemasok yang bersangkutan.

Membuat Faktur Beban atas Pembelian Barang oleh Pemasok yang dibebankan

Pengaturan Jurnal Selisih atas Biaya Pembelian

Pada beberapa kasus biaya tambahan atas pembelian barang persediaan, ada yang belum diketahui berapa nilai biaya tersebut. Sedangkan barang persediaan sudah diterima dan perlu diakui/dicatat nilai-nya. Biasanya kasus seperti ini terjadi pada biaya pembelian yang ditagihkan oleh pemasok lain (bukan pemasok dari pembelian barang persediaan).

Dengan kondisi tersebut, Anda tetap bisa melakukan pencatatan barang persediaan serta biaya pembeliannya dengan fitur Biaya ditagihkan ke pemasok lain di AOL. Namun biaya pembelian-nya diisikan berdasarkan perkiraan (asumsi) Anda terlebih dahulu (pada faktur pembelian barang persediaan). Nilai biaya pembelian yang sebenarnya, Anda isikan setelah mendapatkan tagihan dari pemasok biaya pembelian (faktur pembelian atas biaya pembelian barang persediaan).

Dan jika terdapat perbedaan nilai antara nilai biaya pembelian yang diperkirakan (asumsikan) dengan nilai biaya pembelian yang sebenarnya ditagihkan, maka selisihnya akan dijurnal oleh AOL pada akun penampung dan dengan waktu pen-jurnalan yang bisa ditentukan sebelumnya.

Pengaturan atas selisih nilai tersebut, bisa dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi | Pembelian:

Secara default, akun penampung selisih terisikan dengan akun Beban Pokok Penjualan. Namun Anda bisa mengubahnya dengan akun lain yang bertipe akun Beban Pokok Penjualan, Beban dan Beban lainnya.

Sedangkan untuk Tanggal Jurnal terdapat 2 pilihan tanggal pen-jurnalan yaitu:

  1. Tanggal Tagihan Biaya: jurnal selisih nilai akan dilakukan pada tanggal yang sama saat Faktur Biaya Pembelian dicatat. Secara default Accurate Online memilih pada pilihan ini.
  2. Tanggal Faktur Pembelian: jurnal selisih nilai biaya pembelian akan dilakukan pada tanggal yang sama dengan Faktur Pembelian atas barang persediaan. Dengan memilih pilihan ini akan berpotensi menyebabkan nilai laporan keuangan berubah, jika Faktur Pembelian barang persediaan dengan Faktur Pembelian biaya pembelian berbeda periode bulan.

Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×