Fitur Pengakuan Nilai Persediaan pada Proses melalui Formulir Pembelian Penerimaan Barang

Fungsi

Fitur ini berfungsi sebagai salah satu pilihan bagi pengguna Accurate Online untuk bisa mengatur/mencegah terjadinya perubahan nilai Persediaan / Beban Pokok Penjualan akibat perubahan harga beli barang pada proses pencatatan pembelian yang melalui formulir Penerimaan Barang.

Pengaturan Fitur

Pengaturan fitur ini dilakukan dari menu Pengaturan | Preferensi | Pembelian, yaitu di bagian Penerimaan Barang.

Accurate Online menyediakan fitur ini dalam 3 (tiga) pilihan, yang bisa dipilih salah satunya oleh pengguna untuk digunakan. Sewaktu-waktu pengguna bisa mengubah pilihan fitur yang diinginkan. Namun perubahan pilihan hanya berlaku untuk transaksi berikutnya, tidak akan mempengaruhi transaksi sebelumnya.

Tiga (3) pilihan fitur tersebut antara lain:

  1. Diperbarui oleh tagihan: Nilai persediaan akan selalu mengikuti harga beli di-input di formulir Faktur Pembelian.
  2. Tidak diperbarui oleh tagihan: Nilai persediaan akan mengikuti harga beli di Pesanan Pembelian (jika diinput dari pesanan pembelian) atau harga beli yang diakui pada Penerimaan Barang. Dengan kata lain, perubahan harga beli yang terjadi saat penginputan Faktur Pembelian tidak akan mempengaruhi nilai Persediaan.
  3. Diperbarui jika tanggal tagihan pertama dalam periode yang sama dengan penerimaan barang: Pilihan ini mengadopsi dua pilihan sebelumnya, yaitu nilai persediaan akan mengikuti harga beli pada Faktur Pembelian, jika perubahan harga pada Faktur Pembelian terjadi di periode bulan yang sama dengan transaksi Penerimaan Barang. Sedangkan jika perubahan harga beli di Faktur Pembelian terjadi di periode bulan yang berbeda dengan transaksi Penerimaan Barang, maka nilai persediaan tidak akan berubah (sesuai dengan harga beli di Pesanan Pembelian atau yang diakui pada Penerimaan Barang). Namun hal ini hanya berlaku untuk penginputan pertama yang disimpan, jika ada pengubahan transaksi setelah-nya tidak akan berlaku.

Atas pilihan pada fitur poin 2 dan 3 akan timbul nilai selisih persediaan. Nilai selisih tersebut akan ditampung pada akun penampung yang dipilih pada informasi ‘Akun Selisih Barang Belum Tertagih’ di menu Preferensi bagian Pembelian. Tipe akun yang bisa digunakan sebagai akun penampung selisih nilai persediaan adalah semua tipe akun yang terdapat di Laporan Laba/Rugi, seperti pendapatan, beban, beban pokok penjualan, dsbnya.

Pengambilan nilai persediaan pada Accurate Online jika transaksi pembelian barang persediaan di-input melalui formulir Penerimaan Barang (tanpa melalui Pesanan Pembelian), urutannya adalah sebagai berikut:

  1. Histori Harga Beli Terakhir: nilai pada Faktur Pembelian/Penerimaan Barang yang terakhir.
  2. Harga Pemasok: harga beli barang persediaan yang di-input dalam formulir Harga Pemasok di AOL.
  3. Harga Beli di Barang/Jasa: harga beli yang di-isi pada detail barang persediaan di Daftar Barang & Jasa.
  4. Histori Nilai Persediaan: histori nilai persediaan yang bersumber selain dari pembelian yaitu misalnya melalui penyesuaian persediaan, dsbnya.

Jika tidak terdapat ke-empat urutan tersebut, maka nilai persediaan yang di-input pada formulir Penerimaan Barang akan dicatat sebesar nol (kosong).

Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×