Formulir Pembayaran pada Modul Kas & Bank

Fungsi

Fungsi dari formulir pembayaran adalah melakukan pencatatan atas transaksi pengeluaran selain pembelian barang persediaan ataupun jasa yang tidak dikenakan pajak seperti PPN, PPh 23, dan sebagainya. Contoh transaksi yang biasa dilakukan pencatatan melalui formulir pembayaran adalah pencatatan beban, pencatatan gaji, dan pencatatan pengeluaran lainnya. Formulir pembayaran bisa diakses dari menu Kas & Bank | Pembayaran.

Contoh Transaksi

Ilustrasi 1: Pencatatan Pengeluaran Langsung

Maksud dari pencatatan pengeluaran langsung ini adalah pencatatan pengeluaran langsung di-input pada formulir pembayaran tanpa mengambil transaksi dari formulir lainnya di Accurate Online. Contohnya pencatatan beban administrasi bank, beban listrik, dsbnya. Berikut langkah-langkah melakukan pencatatan atas beban tersebut:

  1. Buka formulir pembayaran dari menu Kas & Bank.
  1. Pilih akun Kas/Bank yang digunakan dalam pembayaran transaksi ini, serta isikan tanggal transaksi pembayarannya.
  1. Pilih nama akun beban atau akun terkait pembayaran ini, kemudian isikan nominal pembayarannya dan klik Lanjut.
  1. Anda bisa memilih nama akun lebih dari satu dalam satu formulir pembayaran. Jika transaksi sudah lengkap diinput, klik simpan dan jurnal yang terbentuk adalah sebagai berikut.

Ilustrasi 2: Pencatatan Pengeluaran dari Formulir Lainnya

Maksud dari ilustrasi ini adalah pencatatan pengeluaran pada formulir pembayaran dilakukan atas transaksi yang diinput pada formulir lainnya di Accurate Online. Formulir lainnya ini adalah:

  1. Formulir Pencatatan Beban

Formulir ini diakses melalui menu Buku Besar. Pada formulir ini Anda melakukan pencatatan hutang atas beban-beban yang terjadi dan untuk pembayaran-nya dilakukan melalui Formulir Pembayaran.

  1. Formulir Pencatatan Gaji

Formulir ini diakses melalui menu Buku Besar. Pada formulir ini Anda melakukan pencatatan hutang gaji atas karyawan atau non-karyawan Anda, kemudian untuk pembayarannya dilakukan melalui menu Formulir Pembayaran.

  1. PPh Pembelian

Pajak penghasilan yang dimaksud adalah Pajak Penghasilan Ps.4(2), Pasal 15, Pasal 21 dan Pasal 23 yang dikenakan atas transaksi jasa yang diinput melalui formulir Faktur Pembelian.

  1. PPh Penjualan

Pajak penghasilan pada penjualan adalah hanya untuk PPh Pasal 4(2) dan Ps.15 (yang disetor sendiri oleh pemberi jasa) atas transaksi jasa yang diinput melalui formulir Faktur Penjualan.

Untuk penginputan pembayaran atas transaksi dari formulir lainnya di Accurate Online yaitu pada formulir Pembayaran, klik pada bagian ‘Ambil’ maka akan tampil informasi formulir-formulir tersebut.

Pencatatan Pembayaran dari Formulir Lainnya
(1) Penginputan Pembayaran dari transaksi Pencatatan Beban

(2) Penginputan Pembayaran dari transaksi Pencatatan Gaji
(3) Penginputan Pembayaran dari transaksi PPh Pembelian
(4) Penginputan Pembayaran dari transaksi PPh Penjualan
Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×