Fungsi dari Fitur Satuan Kontrol

Fungsi

Fitur ini berfungsi untuk mengontrol kesesuaian pencatatan pengeluaran jumlah kuantitas barang atas satuan yang tidak sesuai dengan ketentuannya. Misalnya ada barang dengan satuan 1 adalah Meter dan Satuan 2 adalah Bal (1Bal = 20 Meter). Namun dalam perhitungan sebenarnya satuan 2 tersebut tidak selalu tersedia dalam ketentuan 1 Bal = 20 Meter. Terkadang 1 Bal 19,5 Meter atau 1 Bal = 18 Meter.

Dan untuk menghindari adanya ketidaksesuaian pencatatan jumlah kuantitas barang yang digunakan, maka disediakan fitur Kuantitas Kontrol yang memungkinkan untuk melakukan kontrol pencatatan atas penggunaan barang. Namun penggunaan dari fitur ini tidak dilakukan secara otomatis oleh Accurate Online. Fitur ini memerlukan kedisplinan pengguna untuk selalu mencatat jumlah satuan k-2 yang digunakan dalam pengeluaran barang tersebut.

Pengaturan Fitur

Untuk menggunakan fitur ini, dilakukan dari masing-masing detail barang-nya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Persediaan | Barang & Jasa, kemudian klik 2x pada barang yang dimaksud atau klik Data Baru.

Pastikan sudah mengisi satuan kedua

  1. Ke tab Penjualan/Pembelian, pada bagian Informasi Pembelian, isikan satuan Ke-dua atau Ke-tiga (selain satuan pertama) pada Satuan Beli dan akan otomatis tampil informasi ‘Merupakan Satuan Kontrol’.
  2. Centang informasi ‘Merupakan Satuan Kontrol’ jika satuan yang dimaksud merupakan satuan yang perlu ada kontrol pencatatannya.
  1. Dengan memilih satuan tersebut sebagai Satuan Kontrol maka akan terdapat informasi Kuantitas Kontrol Keluar yang perlu diisi pada Formulir Transaksi Pengiriman Pesanan, Faktur Penjualan dan Pekerjaan Pesanan, jika memilih satuan dibawah-nya (dalam contoh diatas setiap memilih satuan pertama yaitu Meter).

Penggunaan Fitur

llustrasi: perusahaan melakukan pengiriman barang atas pesanan barang pelanggan sebanyak 40 meter. Barang tersebut memiliki satuan 1 adalah meter dan satuan 2 adalah bal (1 Bal = 20 meter), dimana bal merupakan satuan kontrol-nya.

Dan saat perhitungan oleh bagian gudang, salah satu satuan bal yang digunakan kurang dari 20 meter, yaitu hanya 19 meter, sehingga pengiriman barang sebanyak 40 meter tersebut memerlukan penggunaan 3 bal, yang seharusnya hanya memerlukan 2 bal saja. Berikut ini ilustrasi nya:

Satuan Bal yang digunakan dalam Meter Jumlah Satuan Meter yang perlu dikirim Jumlah Satuan Bal yang digunakan
1 Bal (20 Meter) 20 Meter 1 Bal
1 Bal (19 Meter) 39 Meter 2 Bal
1 Bal (20 Meter) 40 Meter 3 Bal

Dan atas kasus diatas, perusahaan perlu memasukan informasi kuantitas kontrol keluar saat pembuatan pengiriman pesanannya. Langkah-langkah untuk melakukan penginputan untuk ilustrasi diatas adalah sebagai berikut:

  1. Buka Formulir Pengiriman Pesanan yaitu dari menu Penjualan | Pengiriman Pesanan, kemudian pilih transaksi Pesanan Penjualan yang akan dikirim tersebut.
  2. Dan untuk mengisikan informasi Kuantitas Kontrol Keluar, klik pada barang yang dimaksud sehingga tampil Formulir Detail Barang.
  1. Selanjutnya isikan jumlah Bal yang digunakan untuk memenuhi pengiriman barang dalam satuan meter tersebut, yaitu 3 Bal.
  1. Klik ‘Lanjut’ dan simpan transaksi.
  2. Informasi jumlah kuantitas kontrol yang tersisa, bisa Anda lakukan pengecekan dari menu Persediaan | Barang per Gudang, kemudian pilih nama barang yang dimaksud, klik tombol refresh setelah itu pilih pilihan ‘Kontrol’ disamping nama barang-nya.

Kuantitas kontrol yang tampil adalah sebanyak 7 Bal, hal ini dikarenakan sisa stok di gudang sebelum pengiriman barang terdapat sebanyak 10 Bal dan digunakan dalam transaksi sebanyak 3 Bal, maka tersisa 7 Bal.

Pengisian kuantitas kontrol keluar tidak mempengaruhi jumlah stok yang tercatat pada database Anda.

Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×