Langkah-langkah Penggunaan Fitur Multi Satuan Barang

Fungsi

Fungsi dari fitur ini adalah memungkinkan untuk mencatat Transaksi atas suatu barang yang memiliki satuan bertingkat, misalnya satuan, lusin, box, dsbnya. Dengan adanya fitur ini, memudahkan pengguna dalam proses pencatatan transaksi di Accurate Online.

Mengaktifkan & Mengakses Fitur

Untuk bisa menggunakan fitur ini, sebelumnya Anda perlu mengatifkan fitur ini dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur pada bagian Persediaan, centang informasi ‘Multi Satuan’.

Mengaktifkan Fitur Multi Satuan

Setelah diaktifkan, untuk membuat daftar nama satuan bertingkat dilakukan dari menu Persediaan | Satuan Barang. Yang nantinya informasi nama satuan ini bisa dipilih saat Anda membuat barang persediaan di menu Persediaan | Barang & Jasa.

Mengakses Daftar Satuan Barang
Penggunaan Multi Satuan pada Barang Persediaan

Pembuatan satuan barang baru, juga bisa dilakukan langsung dari nama barang/persediaan yang bersangkutan, yaitu dengan mengisikan nama satuan baru pada informasi Satuan di detail Barang yang bersangkutan.

Jika satuan yang digunakan terdaftar pada Daftar Satuan Barang, maka AOL akan otomatis menanyakan apakah akan menyimpan nama satuan barang baru tersebut, klik pada informasi pertanyaan tersebut maka nama satuan barang tersebut akan otomatis tersimpan sebagai nama satuan barang yang baru. Perhatikan gambar berikut ini.

Membuat Satuan Barang dari Detail Barang

Penggunaan Fitur

Ilustrasi: Perusahaan memutuskan untuk melakukan pembelian barang sebanyak 10 box, yaitu yang terdiri dari 10 pcs per box-nya.

Langkah-langkah penginputan transaksi tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Buat formulir Faktur Pembelian dan lengkapi hal-hal yang perlu dilengkapi pada formulir Faktur Pembelian.
  2. Pilih nama barang yang bersangkutan dan pada satuan barang isikan dengan satuan barang yang dimaksud yaitu Box.
  1. Kemudian lengkapi dengan informasi jumlah satuan dan harga beli atas satuan barang tersebut, serta informasi lainnya, setelah selesai klik ‘Lanjut’.
  1. Setelah selesai simpan transaksi dan Accurate Online akan otomatis menghitung nilai persediaan per satuan terkecil yaitu pcs. Jika terjadi penjualan dalam satuan pcs, maka nilai persediaan yang keluar adalah sebesar Rp 20.000 yaitu Rp 200.000/10 = Rp 20.000 (1box = 10pcs) Informasi nilai persediaan keluar dan masuk bisa Anda lihat pada Laporan Rincian Nilai Persediaan.

Untuk transaksi penjualan Anda bisa mengatur harga jual yang berbeda pada setiap tingkatan harga jual. Misalnya jika menjual dalam satuan pcs maka harganya Rp 40.000 dan jika menjual dalam satuan box senilai Rp 380.000. Pengaturan ini bisa dilakukan pada detail Barang yang bersangkutan di tab Penjualan/Pembelian. Perhatikan gambar berikut ini.

Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×