Memahami Fitur Stock Opname

Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan proses perhitungan secara fisik atas barang persediaan di perusahaan. Selama proses stock opname dilakukan, aktivitas masuk keluar atas barang yang sedang dalam proses stok opname tidak bisa dilakukan (dikunci secara otomatis oleh Accurate Online), sampai proses tersebut selesai dilakukan. Transaksi stock opname pada Accurate Online tidak untuk penginputan stock opname yang telah berlalu (back date). Misalnya, input transaksi stock opname yang dilakukan pada khir tahun 2019, kemudian baru dilakukan penginputan pada bulan Februari 2020, hal ini tidak bisa dilakukan.

Transaksi Stock Opname yang telah diselesaikan akan dibuatkan penyesuaian persediaan pencatatan formulir transaksi Penyesuaian Persediaan, baik pengurangan atau pun penambahan.

Formulir Stock Opname

Stock Opname terdiri dari 2 (dua) formulir, yaitu Perintah Stock Opname dan Hasil Stock Opname. Masing-masing memiliki fungsi sebagai:

  1. Perintah Stock Opname berfungsi untuk menentukan beberapa hal seperti jenis barang, pihak yang bertanggung jawab dan sebagainya yang terkait dengan proses stock opname yang akan dilakukan.
surat perintah stock opname

Tanggal SPK, merupakan tanggal diperintahkannya proses stock opname untuk dilakukan.

Cabang, memilih nama cabang yang melakukan proses stock opname. Penentuan nama cabang ini akan berpengaruh pada pencatatan transaksi formulir penyesuaian persediaan yang merupakan hasil dari penyelesaian proses stock opname.

Tanggal Mulai, merupakan tanggal dimulainya proses stock opname mulai dilakukan. Tanggal ini yang menentukan mulai dikuncinya semua transaksi atas persediaan yang sedang dilakukan proses stock opname.

Penanggung Jawab, diisi dengan nama yang bertanggungjawab atas proses stock opname.

Dikerjakan Oleh, dipilih dengan nama pengguna yang bertanggungjawab atau diberikan akses dalam proses stcok opname tersebut.

Gudang, memilih nama gudang yang akan dilakukan proses stock opname.

Kategori Barang, memilih kategori barang yang akan diproses stock opname, sehingga hanya tampil nama-nama barang pada kategori tersebut saja.

Pemasok Barang, memilih nama pemasok tempat pembelian barang persediaan yang akan dilakukan proses stock opname. Jika mengisi ini, mohon dipastikan Anda telah mengisi Nama Pemasok pada masing-masing nama barang persediaan.

  1. Hasil Stock Opname berfungsi untuk melakukan penginputan hasil stock opname yang telah dilakukan berdasarkan perintah stok opname yang telah dibuat.
Hasil Stock Opname

Tanggal Opname, berfungsi untuk mengisikan tanggal dimulainya proses stock opname.

Perintah Opname, berfungsi untuk memilih nomor transaksi Perintah Stock Opname.

Menggunakan Fitur Stock Opname

Ilustrasi: Perusahaan akan melakukan stock opname pada awal bulan September untuk barang-barang yang terdapat pada Gudang Utama. Perintah stock opname ini datang pada bulan Februari 2020. Hal ini dilakukan karena ada beberapa laporan yang menginformasikan bahwa banyak terjadi kerusakan/kehilangan barang di Gudang Utama.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan proses stock opname tersebut:

  1. Membuat Perintah Stock Opname yaitu dari menu Persediaan, kemudian isi dengan informasi yang diperlukan sesuai pada ilustrasi.
Mengisi SPK Stock Opname

Tanggal mulai tidak bisa lebih kecil dari tanggal SPK atau tanggal hari ini.

  1. Jika proses stock opname telah dilakukan dan akan dilakukan penginputan hasil perhitungan, buat pencatatannya melalui formulir Hasil Stock Opname, kemudian pilih nomor transaksi stok opname yang dimaksud.
  1. Selanjutnya pilih nama-nama barang yang telah dilakukan proses perhitungan dan isi dengan jumlah kuantitas hasil perhitungan proses stock opname dan satuan yang digunakan dalam proses perhitungan.
Mengisi Stok Update Stock Opname
  1. Lakukan penginputan pada poin no. 3 untuk semua barang yang telah dilakukan proses perhitungan fisiknya. Anda bisa menyimpan terlebih dahulu formulir Hasil Stock Opname, kemudian melanjutkan penginputan hasil perhitungan fisik setelahnya pada formulir hasil stock opname yang baru atau melanjutkan yang sebelumnya. Anda bisa melihat informasi barang-barang yang belum dilakukan penginputan hasil stock opname pada formulir Perintah Stock Opname dengan mengklik informasi ‘Detail Barang’ dengan icon.
Stock Opname selesai
  1. Jika Anda telah selesai melakukan perhitungan stock opname, lakukan penyelesaian proses stock opname dari formulir transaksi Perintah Stock Opname yang bersangkutan, kemudian klik ‘Proses Opname’ maka akan ada konfirmasi bahwa Accurate Online akan membuatkan transaksi penyesuaian atas persediaan yang telah dilakukan proses stock opname tersebut, klik ‘Ya’ untuk meneruskan.

Pastikan Anda telah selesai melakukan penginputan perhitungan fisik atas barang persediaan yang terdapat dalam proses stock opname.

Jika Anda tidak melakukan penginputan perhitungan fisiknya, maka Accurate Online akan menganggap stok barang tersebut secara fisik adalah kosong (0) sehingga Accurate Online akan membuat penyesuaian pengurangan atas barang tersebut sejumlah kuantitas yang tersisa di Accurate Online saat dilakukannya proses stock opname.

  1. Hasil penyelesaian stock opname, bisa Anda lihat dari Formulir Penyesuaian Persediaan.

Status transaksi di Perintah Stock Opname terdiri dari 3 (tiga) status yaitu: 1. Menunggu Eksekusi artinya transaksi Perintah Stock Opname belum dilakukan pencatatan Hasil Stock Opname, 2. Dalam Perhitungan artinya Perintah Stock Opname sedang dilakukan proses perhitungan, dan 3. Selesai, artinya perintah stock opname telah selesai dilakukan.

Updated on September 15, 2020

Was this article helpful?

Related Articles