Pembayaran Pajak Lebih Mudah dengan Fitur e-Billing

Pernah mendengar e-Billing pada sistem perpajakan di Indonesia? e-Billing dalam proses perpajakan di Indonesia menurut Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah metode pembayaran pajak secara elektronik menggunakan kode billing atau kode identifikasi. Sistem ini dikelola oleh biller Direktorat Jenderal Pajak dan menerapkan billing system. Sementara, Kode billing pajak adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak.

Pada tahun 2016, cara pembayaran pajak dengan sistem ini resmi diberlakukan, jadi setiap pembayaran pajak melalui ATM atau Bank rekanan wajib menggunakan mekanisme e-Billing ini. Sebelum era e-Billing, wajib pajak yang ingin membayar pajak harus mendatangi bank. Namun, cara ini tidak efisien karena memakan banyak waktu serta rentan menimbulkan kesalahan dalam pengisian nomor Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) pada formulir Surat Setoran Pajak

Nantinya, sistem e-Billing akan membimbing pengguna mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan tepat dan benar sesuai dengan transaksi yang ingin dituntaskan.

Cara Mendapatkan Kode Billing

Sebelumnya, Anda bisa mendapatkan Kode Billing melalui sse1.pajak.go.id dan sse3.pajak.go.id. Namun terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020, untuk mendapatkan kode billing Anda harus mengakses djponline.pajak.go.id.

Berikut adalah cara untuk Anda mendapatkan kode biling dari DJP online dengan mengubah hak akses e-Billing:

  • Pastikan Anda sudah mempunyai akun NPWP dan sudah memiliki akun DJP Online
  • Kunjungi laman djponline.pajak.go.id dan login dengan memasukkan nomor NPWP, kata sandi, dan kode keamanan djponline.pajak.go.id/account/login
  • Pilih menu “Profile Lengkap” di bagian kiri laman
  • Centang pilihan e-Billing pada bagian “Tambah/Kurang Hak Akses”
  • Klik “Ubah Akses”

Selain Melalui DJP online Anda juga dapat menggunakan kanal lain untuk mendapatkan kode billing seperti:

  • Bank Pemerintah (Himbara) baik melalui ATM, Internet Banking dan Teller
  • Kantor Pos
  • ASP (application service provider) salah satunya Accurate.id
  • Laman portal penerimaan Negara
  • Petugas DJP

Fitur e-Billing di Accurate Online

Kabar baik bagi Anda pengguna Accurate Online dan biasa menangani penghitungan, pelaporan dan pembayaran perpajakan. Karena kini Anda bisa mendapatkan kode billing pajak secara elektronik menggunakan fitur e-Billing pada Accurate Online.

Terhitung sejak awal bulan Agustus 2020, Accurate Online telah resmi menjadi penyedia jasa aplikasi perpajakan atau PJAP berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pajak nomor KEP-339/PJ/2020. Ada banyak kemudahan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat kode billing di aplikasi e-Billing Accurate Online, yakni:

  • Hemat waktu karena cukup satu aplikasi untuk menangani masalah pembukuan dan perpajakan secara bersamaan.
  • Terintegrasi dengan data finansial dan laporan keuangan.
  • Akurat.

Cara menggunakan fitur e-Billing di Accurate Online

1. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur “Pajak” pada menu Preferensi di akun Accurate Online Anda.

2. Masih di menu Preferensi, pada tab Pajak, isi nomor NPWP di “info perusahaan” dengan benar.

3. Maka nanti akan muncul menu “e-billing pajak” di menu Laporan.

e-billing

4. Jika nomor NPWP yang Anda masukan valid, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Catatan: Jika pada saat Anda menekan fitur “e-Billing Pajak” tidak muncul tampilan diatas atau terdapat peringatan bahwa nomor NPWP Anda tidak ditemukan, itu berarti nomor NPWP Anda tidak terdaftar pada sistem DJP. Jadi pastikanlah Anda memiliki nomor NPWP yang teregistrasi dan masih aktif untuk menggunakan fitur e-Billing pada Accurate Online.

Optimalkan Urusan Perpajakan dan Pembukuan

Kini dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan solusi yang optimal pada proses bisnis, khususnya pengelolaan keuangan dan perpajakan dengan fitur menyeluruh dan sesuai kebutuhan usaha Anda. Selain e-Billing, untuk urusan lapor pajak Anda juga bisa memanfaatkan Fitur e-Filling, Impor Faktur Pajak dan masih banyak lagi fitur hadir di Accurate Online tentunya bisa membuat proses pengelolaan pajak usaha lebih optimal, mudah dan lebih efisien.

Belum menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi dalam usaha Anda? Anda bisa menggunakan Accurate Online dengan coba gratis 30 hari.

Updated on September 15, 2020

Was this article helpful?

Related Articles