1. Home
  2. Cara Pakai
  3. Penawaran dan Pesanan Penjualan

Penawaran dan Pesanan Penjualan

Fitur ini berfungsi untuk mencatat transaksi penawaran dan pesanan penjualan dari pelanggan. Penginputan transaksi Penawaran dan Pesanan Penjualan belum ada jurnal atau nilai yang mempengaruhi Laporan Keuangan pada database Anda, namun (bisa) menjadi pedoman untuk membuat formulir transaksi penjualan selanjutnya, seperti formulir pengiriman dan faktur penjualan. Pencatatan uang muka juga bisa diawali dari pembuatan Pesanan Penjualan.

Mengaktifkan Fitur

Pada Accurate desktop, fitur Penawaran dan Pesanan Penjualan sudah otomatis digunakan, namun pada Accurate Online, Anda perlu mengaktifkan fitur ini jika memang Anda memerlukan kedua fitur ini. Sehingga bagi pengguna yang tidak memerlukan kedua formulir ini, alur modul penjualan akan lebih ringkas ditampilkan di Accurate Online.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Penawaran dan Pesanan Penjualan:

  1. Masuk ke menu Pengaturan | Preferensi
  1. Kemudian pilih Fitur dan pada bagian Penjualan, centang fitur Penawaran & Pesanan Penjualan.
  1. Setelah diaktifkan fitur ini, untuk mengakses-nya dilakukan melalui menu Penjualan | Penawaran dan Pesanan Penjualan

Penggunaan dalam Transaksi

Berikut ini beberapa ilustrasi pembuatan transaksi penawaran dan pesanan penjualan di Accurate Online.

Ilustrasi 1

Perusahaan memberikan penawaran penjualan untuk beberapa produknya ke pelanggan, dengan syarat pembayaran Net 30 dan diskon 5% per barang. Atas penawara tersebut, pelanggan tertarik dan meminta perusahaan mengirimkan barang sekaligus faktur penjualannya.

Langkah-langkah pembuatan transaksi pada ilustrasi 1:

  1. Membuat Formulir Penawaran Penjualan dari menu Penjualan | Penawaran Penjualan
  1. Melengkapi formulir Penawaran Penjualan sesuai kebutuhan, kemudian simpan.

Anda bisa menyimpan detail transaksi penawaran penjualan sebagai favorit, dengan mengklik icon tas dan pilih ‘Tambah ke favorit’. Dengan menambahkan sebagai favorit, Anda bisa menggunakan detail transaksi tsb dalam pembuatan transaksi Penawaran Penjualan tanpa harus menginput ulang detail transaksinya.

  1. Untuk membuat faktur penjualan atas transaksi Penawaran Penjualan, bisa dilakukan langsung melalui Formulir Faktur Penjualan, kemudian lengkapi informasi Faktur Penjualan, dan klik ‘AMBIL’ dan pilih ‘Penawaran’. Lalu pilih nomor transaksi Penawaran Penjualan yang dimaksud dan nilai transaksi Penjualan akan tampil sesuai dengan nilai transaksi Penawaran Penjualan yang dipilih.

Anda bisa mengubah jumlah kuantitas barang yang akan dibuatkan transaksi lanjutan, yaitu melalui formulir transaksi lanjutan tersebut. Misalnya Penawaran Penjualan untuk item A (100 pcs) hanya akan dibuatkan Formulir Pesanan Penjualan sebanyak 30 pcs. Maka lakukan pengubahan jumlah kuantitasnya pada formulir Pesanan Penjualan dengan memilih nama barang yang dimaksud.

Ilustrasi 2

Perusahaan mencatat pesanan penjualan atas beberapa produk dari pelanggan. Atas pesanan penjualan tersebut, pelanggan memberikan uang muka senilai 50% dari total nilai penjualan.

Langkah-langkah membuat transaksi pada ilustrasi 2:

  1. Membuat Pesanan Penjualan, kemudian lengkapi formulir dengan informasi yang dibutuhkan, termasuk memilih barang yang dipesan oleh pelanggan.
  1. Mencatat uang muka yang diberikan pelanggan atas pesanan tersebut, yaitu klik ‘PROSES’ dan pilih ‘UANG MUKA’ dan akan tampil formulir Uang Muka Penjualan.
  1. Pada Formulir Uang Muka Penjualan, isikan nilai uang muka yang dibayarkan oleh pelanggan, kemudian klik ‘PROSES’, pilih Pembayaran untuk mencatat penerimaan atas uang muka penjualan tersebut dan akan tampil Formulir Pembayaran Penjualan.
Mencatat Penerimaan Uang Muka Penjualan
  1. Pada Formulir Pembayaran Penjualan, lengkapi formulir tersebut yaitu dengan memilih nama Bank/Kas yang menerima uang muka dan klik ‘Hitung Nilai Pembayaran’ untuk memasukkan otomatis nilai pembayaran yang diterima, kemudian simpan transaksi.

Setiap kali Anda memproses suatu transaksi ke formulir transaksi selanjutnya, maka formulir transaksi tersebut akan otomatis tersimpan.

Untuk pesanan penjualan dengan uang muka, nilai piutang saat membuat faktur penjualan akan otomatis dikurangkan dengan nilai uang muka-nya. Dan nilai uang muka akan tampil di formulir Faktur Penjualan di bagian DP.

Updated on February 14, 2020

Was this article helpful?

Related Articles