1. Home
  2. Cara Pakai
  3. Pencatatan Barang Konsinyasi di Accurate Online

Pencatatan Barang Konsinyasi di Accurate Online

Barang Konsinyasi (atau Konsinyasi Barang) berfungsi untuk mencatat penjualan perusahaan dengan sistem konsinyasi. Dengan adanya fitur ini, memungkinkan bagi perusahaan untuk monitoring persediaan yang di-konsinyasikan ke pelanggan.

Mengaktifkan Fitur Konsinyasi Barang

Fitur ini diaktifkan dari menu Pengaturan | Preferensi | Fitur pada bagian Penjualan, centang untuk pilihan Konsinyasi. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka pada Formulir Data Pelanggan pada tab Penjualan akan ditampilkan informasi pilihan untuk mengaktifkan fitur Konsinyasi.

Fitur Konsinyasi Barang
Mengaktifkan fitur Penjualan dengan Konsinyasi
Pelanggan sebagai Konsinyee
Pilihan fitur Penjualan Konsinyasi pada Formulir Data Pelanggan

Dengan mencentang pilihan ‘Ya, Perusahaan menitipkan barang ke Pelanggan ini’, maka Accurate Online akan membuatkan gudang baru dengan nama pelanggan tersebut. Misalnya, nama Pelanggan PT Abadi Makmur, maka saat mencentang pilihan konsinyasi pada pelanggan tersebut, maka pada Daftar Gudang akan terdapat nama gudang PT Abadi Makmur

Penggunaan Dalam Transaksi

Ilustrasi

Perusahaan menitipkan barang dagangannya kepada PT. Berjaya Makmur sebanyak 50 pcs. Jika terjual, maka PT. Berjaya Makmur akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 20% dari nilai yang terjual.

Ada 4 (empat) tahapan yang perlu dilakukan untuk mencatat penjualan konsinyasi pada Accurate Online. Berikut tahapan-tahapannya:

Tahap 1: Mengaktifkan Fitur Konsinyasi

Mengaktifkan fitur konsinyasi seperti yang diinformasikan pada pembahasan sebelumnya, serta mengaktifkan fitur konsinyasi pada nama pelanggan yang bersangkutan, yaitu dari menu Penjualan | Pelanggan, pilih nama pelanggan yang dimaksud, kemudian ke tab Penjualan dan centang pada informasi fitur Konsinyasi.

Tahap 2: Mengirimkan Barang yang dikonsinyasi

Membuatkan Pesanan Penjualan atas PT. Berjaya Makmur, bertujuan untuk bisa melakukan pengiriman barang yang dititipkan melalui formulir Pemindahan Barang. Berikut langkah-langkah penginputannya:

  • Membuat Pesanan Penjualan atas PT. Berjaya Makmur atas barang yang dititipkan.
Konsinyasi Barang pada Pesanan Penjualan
  • Melakukan pengiriman barang kepada PT Berjaya Makmur, dengan membuat transaksi Kirim Barang melalui formulir Pemindahan Barang.
  • Pada formulir Pemindahan Barang, pilih proses dengan ‘Kirim Barang’, dari gudang utama yang diambil barang-nya untuk dikirimkan kepada PT. Berjaya Makmur dan isikan Gudang Tujuan dengan Gudang PT. Berjaya Makmur.
  • Klik ‘Ambil’ dan pilih pilihan ‘Pesanan’ lalu pilih nomor pesanan atas transaksi konsinyasi ke PT. Berjaya Makmur.
Kirim Barang Konsinyasi
  • Jika barang sudah diterima oleh PT. Berjaya Makmur, maka buatkan transaksi Terima Barang atas Pemindahan Barang tersebut dan simpan transaksi.

Pada Tahapan ini, stock barang yang dititipkan telah terpindah pencatatannya di Accurate Online dari gudang perusahaan ke gudang pelanggan yang dititipkan. Namun barang tersebut masih menjadi bagian nilai persediaan dari perusahaan.

Tahap 3: Mencatat Penjualan Barang Konsinyasi

Pada setiap periode, pihak yang dititipkan barang akan melakukan pelaporan terkait penjualan barang konsinyasi. Misalnya barang yang dititipkan terjual sebanyak 10 pcs dengan harga jual @250.000, sehingga total penjualan adalah sebesar Rp 2.500.000. Pencatatan atas penjualan barang yang dikonsinyasikan adalah sebagai berikut:

  • Buat Faktur Penjualan atas Pesanan Penjualan Konsinyasi kepada PT. Berjaya Makmur, yaitu dari menu Penjualan | Faktur Penjualan.
Mencatat Penjualan Barang Konsinyasi
  • Simpan transaksi.

Pada Tahapan ini, perusahaan telah mengakui adanya penjualan konsinyasi.

Tahap 4: Pembayaran komisi Penjualan ke Pelanggan

Saat perusahaan menerima pembayaran atas penjualan konsinyasi, nilai pembayaran dipotong langsung oleh PT. Berjaya Makmur sebagai bagian dari komisi atas penjualan konsinyasi yang telah disepakati. Atas transaksi tersebut, dilakukan pecatatan sebagai berikut:

  • Lakukan pencatatan penjualan seperti biasa yaitu dari menu Penjualan | Penerimaan Penjualan, kemudian pilih nomor faktur penjualan konsinyasi.
Menerima Pembayaran dari Konsinyee
  • Klik pada baris nomor Faktur Penjualan sehingga tampil formulir Detail Faktur, kemudian ke tab “informasi Diskon” isikan akun penampung untuk komisi penjualan konsinyasi dan nilai komisi-nya. Klik lanjut untuk meneruskan transaksi.
  • Klik lanjut untuk meneruskan, maka nilai pembayaran yang diterima perusahaan akan otomatis terpotong dengan beban komisi penjualan konsinyasi ke pelanggan.
Updated on March 7, 2020

Was this article helpful?

Related Articles