Pencatatan Beban belum Dilakukan Pembayaran

Fungsi

Formulir ini berfungsi untuk mencatat beban yang sudah harus diakui (accrued) namun belum dilakukan pembayaran (masih hutang)

Formulir Pencatatan Beban

Pembayaran atas pencatatan beban dilakukan melalui formulir Pembayaran di modul Kas/Bank. Pada formulir Pencatatan Beban bisa dengan meng-klik informasi ‘Proses’ yang akan langsung diteruskan ke formulir Pembayaran. Atau bisa dengan langsung melalui Formulir Pembayaran kemudian pilih pilihan ‘Ambil’ dan pilih Pencatatan Beban.

Penggunaan

Ilustrasi: Perusahaan akan melakukan pembayaran biaya pemeliharaan gedung yang akan jatuh tempo dalam 3hari ke-depan yaitu sebesar Rp 3.750.000. Untuk itu, bagian akunting perlu melakukan pengakuan atas biaya pemeliharaan gedung tersebut sehingga bisa dilakukan pembayaran oleh bagian keuangan.

Atas ilustrasi diatas, maka penginputannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Buku Besar kemudian pilih Pencatatan Beban
  2. Pilih akun Hutang atas beban tersebut, isikan tanggal transaksi pengakuan beban serta tanggal jatuh tempo atas beban tersebut.
  1. Pilih akun beban yang dimaksud kemudian isikan nilai beban yang akan diakui, kemudian klik ‘Lanjut” untuk meneruskan.
  1. Simpan transaksi dan jurnal yang terbentuk
  1. Untuk melakukan pembayaran atas beban tersebut, bisa dengan membuka kembali formulir transaksi Pencatatan Beban-nya kemudian klik “Proses” dan pilih Pembayaran. Atau bisa langsung dari formulir Pembayaran (dari menu Kas/Bank) kemudian klik ‘Ambil’ dan pilih Pencatatan Beban.
Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×