Rekonsiliasi Bank di Accurate Online

Fungsi

Fungsi dari modul ini adalah untuk melakukan proses rekonsiliasi bank pada database Accurate Online. Proses rekonsiliasi bank yaitu suatu proses mencocokan data transaksi yang diinput user di database Accurate Online dengan mutasi transaksi di rekening bank.

Modul ini bisa diakses melalui menu Kas/Bank, kemudian pilih nama akun bank yang akan Anda lakukan proses rekonsiliasi dan setelah itu pilih periode proses rekonsiliasi dan klik tanda refresh. Pada modul rekonsiliasi bank akan ditampilkan dua tabel transaksi yaitu Rekening Bank dan Jurnal Accurate.

menu rekonsiliasi bank

Contoh Transaksi

Ilustrasi 1: Rekonsiliasi Bank tanpa Internet Banking

Berikut langkah-langkah untuk melakukan proses rekonsiliasi bank tanpa melalui fitur Internet Banking:

  1. Masuk ke modul Rekonsiliasi Bank kemudian pilih akun bank yang akan dilakukan proses rekonsiliasi.
memilih akun bank untuk rekonsiliasi bank
  1. Filter parameter (periode) transaksi yang akan direkonsiliasi. Biasanya dilakukan per bulan.
  1. Kemudian klik tombol refresh dan akan tampil semua transaksi yang telah diinput oleh user per bulan tersebut pada tabel Jurnal Accurate. Sedangkan pada tabel Rekening Bank akan tampil informasi ‘Ada di Rekening Koran’.
  1. Lakukan pencocokan transaksi secara manual antara yang tercatat di jurnal Accurate dengan mutasi pada rekening koran tersebut. Jika transaksi tersebut ada, maka klik informasi ‘Ada di Rekening Koran’ pada tabel Rekening Koran dan transaksi yang di cocokan tersebut akan hilang dari tabel Jurnal Accurate.
  1. Dan jika transaksi mutasi pada rekening koran belum dijurnal pada Accurate Online, maka lakukan penginputan terlebih dahulu kemudian klik tombol refresh untuk menampilkan transaksi yang baru diinput tersebut.
  1. Dan jika transaksi mutasi pada rekening koran belum dijurnal pada Accurate Online, maka lakukan penginputan terlebih dahulu kemudian klik tombol refresh untuk menampilkan transaksi yang baru diinput tersebut.
rekonsiliasi bank selesai dilakukan
melihat histori bank yang sudah selesai rekonsiliasi bank

Ilustrasi 2: Rekonsiliasi Bank dengan Internet Banking

Berikut langkah-langkah untuk melakukan proses rekonsiliasi dengan internet banking:

  1. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran Internet Banking dari akun bank Anda pada menu Kas/Bank
  1. Kemudian masuk ke formulir Rekonsiliasi Bank dan pilih nama Bank yang akan dilakukan rekonsiliasi.
  1. Pada informasi ‘Impor Data’ klik pilihan ‘Impor Internet Banking’ dan akan tampil box untuk mengisikan User ID & Password untuk mengakses layanan Internet Banking Anda jika bank yang akan diakses adalah Bank Personal.

Sedangkan jika bank yang Anda akses adalah Bank Bisnis, maka pada box akan tampil User ID, Password VPN dan Token Appli 1. Password VPN diisikan dengan kode nomor yang dihasilkan dari token dengan mengklik pilihan Appli 1.

  1. Klik ‘Lanjut’ untuk meneruskan proses impor internet banking dan tunggu hingga proses impor selesai dilakukan, yang ditandai dengan tampilannya pesan konfirmasi “Impor Internet Banking telah berhasil di eksekusi”.
  1. Impor internet banking pada Accurate Online hanya mengambil data mutasi bank 1 bulan terakhir terhitung dari tanggal Anda melakukan proses impor. Misalnya Anda melakukan proses impor internet banking di tanggal 14 Januari 2018, maka mutasi rekening bank yang akan di impor oleh Accurate Online adalah dari tanggal 15 Desember 2017 s/d tanggal 14 Januari 2018. Sehingga disarankan Anda selalu melakukan proses impor internet banking di akhir/awal bulan.
  1. Lakukan filter transaksi dari proses rekonsiliasi bank yang akan Anda lakukan, kemudian lakukan pencocokan antara transaksi pada tabel Rekening Bank dengan transaksi pada tabel Jurnal Accurate.
  1. Lakukan langkah pada poin 6 hingga proses rekonsiliasi selesai dilakukan
  1. Jika pemasangan transaksi yang otomatis dilakukan oleh Accurate Online adalah bukan transaksi yang dimaksud, Anda bisa meng-klik informasi ‘Cari’ pada tabel Jurnal Accurate untuk mencari transaksi jurnal Accurate yang benar-nya

Accurate Online melakukan pemasangan transaksi pada transaksi yang memiliki nilai dan tanggal transaksi yang sama antara transaksi pada tabel Rekening Bank dengan transaksi pada tabel Jurnal Accurate.

Notes: Tampilan menu impor untuk internet banking pada beberapa bank mungkin bisa berbeda.

Ilustrasi 3: Membatalkan Transaksi Rekonsiliasi Bank

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membatalkan proses rekonsiliasi bank, baik untuk proses rekonsiliasi bank dengan internet banking ataupun tidak:

  1. Buka Histori Bank dari menu Kas/Bank.
  1. Pilih akun Kas/Bank yang transaksi-nya akan dibatalkan dan pilih periode dari transaksi tersebut, kemudian klik tombol icon refresh untuk menampilkan transaksinya.
  1. Klik 1x pada kolom # pada baris transaksi yang akan dibatalkan proses rekonsiliasi-nya hingga tampil pesan konfirmasi untuk melakukan pembatalan proses rekonsiliasi. Pilih Ya untuk meneruskan proses pembatalan.
  1. Transaksi yang telah dibatalkan proses rekonsiliasi-nya akan hilang tanda centang pada kolom#

Fungsi tombol ‘anak panah’ pada Rekonsiliasi Bank

Jika Anda klik tombol tersebut maka posisi tabel Rekening Bank dengan Jurnal Accurate akan berpindah, yaitu Jurnal Accurate akan disebelah kiri dan Rekening Bank akan berada disebelah kanan.

Dengan berpindahnya kedua tabel tersebut, fungsinya adalah untuk mencari dua atau lebih mutasi transaksi pada rekening bank untuk di cocokan dengan transaksi jurnal Accurate yang dicatat dalam satu transaksi.

Contohnya untuk transaksi transfer bank ke bank lainnya yang dikenakan biaya admin, pada Accurate Online dicatat dalam 1 transaksi yaitu di formulir Transfer Bank. Sedangkan pada Rekening Bank dicatat dalam 2 mutasi transaksi, yaitu 1 transaksi untuk mencatat mutasi nilai transfer-nya dan 1 transaksi untuk mencatat mutasi nilai biaya admin-nya

Updated on April 5, 2021

Was this article helpful?

Related Articles

×

Halo!

Silahkan chat dengan kami via Whatsapp.

×